Minggu, 13 Desember 2015

6. Telaah Kurikulum (Kurikulum PAUD, adalah hal yang menarik menurut Saya)

Kurikulum PAUD, adalah hal yang menarik menurut Saya
By: Fitri Ayu Nurjannatin
Telaah Kurikulum ( Tugas 6)

Diantara presentasi matakuliah Telaah Kurikulum tentang kurikulum PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK. Yang paling menarik ialah kurikulum pada PAUD.  Pada kurikum PAUD ini hal yang paling menarik menurut Saya ialah pada Kegiatan dan metode Tematiknya. Dalam hal ini anak baru pertama kali memasuki pendidikan, anak baru memulai belajar, mencoba hal-hal baru dalam berkreasi, belajar yang dilakukan sambil bermain. Dalam kegiatan belajar sambil bermain ini biasa membuat anak menjadi kreatif. Dalam bidang pendidikan seorang anak dari lahir memerlukan pelayanan yang tepat dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan disertai dengan Pemahaman mengenai karakteristik anak sesuai pertumbuhan dan perkembangannya akan sangat membantu dalam menyesuaikan proses belajar bagi anak dengan usia, kebutuhan, dan kondisi masing-masing, baik secara intelektual, emosional dan social.
Secara epistomologis pembelajaran pada anak usia dini haruslah menggunakan proses belajar sambil bermain (Learning by Play), belajar dengan berbuat (Learning by doing), belajar melalui stimulasi ( Learning by stimulating. Selanjutnya secara aksiologis isi kurikulum haruslah benar dan dapat dipertanggung jawabkan dalam rangka optimalisasi seluruh anak (etis) dan berhubungan dengan nilai seni, keindahan dan keselarasan yang mengarah pada kebahagiaan dalam kehidupan anak sesuai dengan akar budaya dimana mereka hidup (estetika) serta nilai-nilai agama yang dianutnya. (Uyu & Mubiar. 2011:13).
            Tema dalam istilah kurikulum TK adalah alat untuk mengenalkan berbagai konsep, topik dan ide kepada anak didik secara utuh.Dalam pembelajaran, tema berfungsi sebagai penyatu isi kurikulum dalam satu perencanaan yang utuh (holistik), memperkaya perbendaharaan bahasa anak didik, membuat pembelajaran lebih bermakna dan membantu anak mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas. Jadi tema merupakan aktualisasi konsep minat anak yang dijadikan fokus perencanaan atau titik awal perencanaan dalam proses pembelajaran.
Contoh tema dan sub tema pendidikan anak usia dini adalah sebagai berikut:
1.     Tema              : Diriku
      Sub tema        : Identitasku
Cakupan tema      : Nama, usia, jenis kelamin, alamat rumah lengkap
Sub tema              : Tubuhku
Cakupan tema      : Anggota tubuh, bagian-bagian anggota tubuh, fungsi,  gerak, kebersihan, ciri-ciri khas, kesehatan dan keamanan diri.
Sub tema              : Kesukaanku
Cakupan tema      : makanan, minuman, mainan, dan macam-macam kegiatan.
2.     Tema              : Keluargaku
Sub tema             : Anggota Keluargaku
Cakupan tema    : Ayah, ibu, kakak, adik, kakek, nenek, paman, bibi.
Sub Tema           : Profesi Anggota Keluarga
Cakupan Tema : Macam-macam pekerjaan
3.     Tema              : Lingkungan
Sub tema             : Rumahku
Cakupan tema     : Fungsi rumah, bagian-bagian rumah, jenis
peralatan rumah tangga (kursu, meja, tempat tidur, kasur, peralatan makan), fungsi peralatan rumah tangga, cara menggunakan peralatan rumah tangga.
Sub tema : Sekolahku
Cakupan tema : Gedung dan halaman sekolah, ruang belajar, tempat bermain, dan alat-alat permainan, orang-orang yang ada disekolah, tata tertib sekolah.
4.     Tema : Binatang
Sub Tema            : Binatang di air, misalnya: Ikan, Lele, Belut
Cakupan Tema    : Bagian-bagian tubuh binatang. Makanan, bahaya,
                            manfaat
Sub Tema            : Binatang di darat, misalnya: Ayam, Kucing, Anjing
Cakupan Tema    : Bagian-bagian tubuh binatang. Makanan, bahaya, manfaat
Sub Tema            : Binatang bersayap, misalnya: Serangga, Kupu-kupu, Burung
Cakupan Tema    : Bagian-bagian tubuh binatang. Makanan, bahaya,
                            manfaat
Sub Tema            : Binatang hutan, misalnya: Orang utan, Gajah,
                            Harimau Cakupan Tema : Bagian-bagian tubuh
                            binatang. Makanan, bahaya, manfaat
5.     Tema : Tanaman
Sub Tema            : Tanaman buah
Cakupan Tema    : Macam-macam tanaman buah.Bagian-bagian tanaman buah. Manfaat tanamanbuah. Cara menanam dan merawat tanaman buah
Sub Tema            : Tanaman sayur
Cakupan Tema    : Macam-macam tanaman sayur.Bagian-bagian tanaman sayur. Manfaat tanamanayur. Cara menanam dan merawat tanaman sayur
Sub Tema            : Tanaman hias
Cakupan Tema    : Macam-macam tanaman hias.Bagian-bagian tanaman hias.Manfaat tanaman hias.Cara menanam dan merawat tanaman hias
Sub Tema            : Tanaman obat
Cakupan Tema    : Macam-macam tanaman obat.Bagian-bagian tanaman obat.Manfaat tanamanobat.Cara menanam dan merawat tanaman obat.
6.     Tema              : Kendaraan
Sub Tema            : Kendaraan di darat
Cakupan Tema    : Jenis kendaraan di darat. Fungsi dan kegunaan.
Nama pengendara/pengemudi.Tempat pemberhentian.Bagian-bagian kendaraan.
Sub Tema            : Kendaraan di air
Cakupan Tema    : Jenis kendaraan di air. Fungsi dan kegunaan.Nama pengendara/pengemudi. Tempat pemberhentian
Sub Tema            : Kendaraan di air
Cakupan Tema    : Jenis kendaraan di air. Fungsi dan kegunaan.Nama
                            pengendara/pengemudi.Tempat pemberhentian.
7.     Tema              : Alam Semesta
Sub Tema            : Benda-benda alam
Cakupan Tema    : Jenis benda-benda alam (tanah,air, pasir, batu, besi, emas, perak). Manfaatbenda-benda alam.
Sub Tema            : Benda-benda langit
Cakupan Tema    : Jenis benda-benda langit.(matahari, bulan, bintang). Manfaat benda-bendalangit.
Sub Tema            : Gejala alam
Cakupan Tema    : Macam-macam gejala alam (siang,malam, banjir, gunung meletus, banjir, tanah longsor, ombak, pelangi, petir, hujan, gempa bumi).
8.     Tema              : Negaraku
Cakupan Tema    : Nama negara. Lambang negara. Presiden dan wakil presiden.Lagu kebangsaan.Bendera. Desa, Kota, Pegunungan, Pesisir


Sumber
Uyu dan Mubiar. 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini : Paduan untuk
          Guru, Tutor, Fasilitator dan Pengelola Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika
          Aditama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar