Kurikulum
PAUD, adalah hal yang menarik menurut Saya
By:
Fitri Ayu Nurjannatin
Telaah Kurikulum ( Tugas 6)
Diantara
presentasi matakuliah Telaah Kurikulum tentang kurikulum PAUD, SD, SMP, SMA dan
SMK. Yang paling menarik ialah kurikulum pada PAUD. Pada kurikum PAUD ini hal yang paling menarik
menurut Saya ialah pada Kegiatan dan metode Tematiknya. Dalam hal ini anak baru
pertama kali memasuki pendidikan, anak baru memulai belajar, mencoba hal-hal
baru dalam berkreasi, belajar yang dilakukan sambil bermain. Dalam kegiatan
belajar sambil bermain ini biasa membuat anak menjadi kreatif. Dalam bidang pendidikan seorang
anak dari lahir memerlukan pelayanan yang tepat dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan disertai
dengan Pemahaman mengenai karakteristik anak sesuai pertumbuhan dan perkembangannya akan sangat membantu dalam menyesuaikan proses belajar bagi anak dengan usia, kebutuhan, dan
kondisi masing-masing, baik secara intelektual, emosional dan social.
Secara
epistomologis pembelajaran pada anak usia dini haruslah menggunakan proses
belajar sambil bermain (Learning by Play), belajar dengan berbuat (Learning by doing), belajar
melalui stimulasi ( Learning by stimulating. Selanjutnya secara aksiologis isi
kurikulum haruslah benar dan dapat dipertanggung jawabkan dalam rangka
optimalisasi seluruh anak (etis) dan berhubungan dengan nilai seni, keindahan
dan keselarasan yang mengarah pada kebahagiaan dalam kehidupan anak sesuai
dengan akar budaya dimana mereka hidup (estetika) serta nilai-nilai agama yang
dianutnya. (Uyu & Mubiar. 2011:13).
Tema dalam istilah kurikulum TK
adalah alat untuk mengenalkan berbagai konsep, topik dan ide kepada anak didik
secara utuh.Dalam pembelajaran, tema berfungsi sebagai penyatu isi kurikulum
dalam satu perencanaan yang utuh (holistik), memperkaya perbendaharaan bahasa
anak didik, membuat pembelajaran lebih bermakna dan membantu anak mengenal
berbagai konsep secara mudah dan jelas. Jadi tema merupakan aktualisasi konsep
minat anak yang dijadikan fokus perencanaan atau titik awal perencanaan dalam
proses pembelajaran.
Contoh
tema dan sub tema pendidikan anak usia dini adalah sebagai berikut:
1. Tema :
Diriku
Sub tema
: Identitasku
Cakupan
tema : Nama, usia, jenis kelamin,
alamat rumah lengkap
Sub
tema : Tubuhku
Cakupan
tema : Anggota tubuh, bagian-bagian
anggota tubuh, fungsi, gerak,
kebersihan, ciri-ciri khas, kesehatan dan keamanan diri.
Sub
tema : Kesukaanku
Cakupan
tema : makanan, minuman, mainan, dan
macam-macam kegiatan.
2.
Tema :
Keluargaku
Sub
tema : Anggota Keluargaku
Cakupan tema : Ayah, ibu, kakak, adik, kakek, nenek,
paman, bibi.
Sub Tema : Profesi Anggota Keluarga
Cakupan Tema :
Macam-macam pekerjaan
3.
Tema :
Lingkungan
Sub
tema : Rumahku
Cakupan
tema : Fungsi rumah, bagian-bagian
rumah, jenis
peralatan
rumah tangga (kursu, meja, tempat tidur, kasur, peralatan makan), fungsi
peralatan rumah tangga, cara menggunakan peralatan rumah tangga.
Sub
tema : Sekolahku
Cakupan
tema : Gedung dan halaman sekolah, ruang belajar, tempat bermain, dan alat-alat
permainan, orang-orang yang ada disekolah, tata tertib sekolah.
4.
Tema : Binatang
Sub
Tema : Binatang di air,
misalnya: Ikan, Lele, Belut
Cakupan
Tema : Bagian-bagian tubuh binatang.
Makanan, bahaya,
manfaat
Sub
Tema : Binatang di darat,
misalnya: Ayam, Kucing, Anjing
Cakupan
Tema : Bagian-bagian tubuh binatang.
Makanan, bahaya, manfaat
Sub Tema : Binatang bersayap, misalnya: Serangga, Kupu-kupu,
Burung
Cakupan Tema : Bagian-bagian tubuh binatang. Makanan, bahaya,
manfaat
Sub Tema : Binatang hutan, misalnya: Orang utan, Gajah,
Harimau Cakupan Tema : Bagian-bagian
tubuh
binatang.
Makanan, bahaya, manfaat
5.
Tema
: Tanaman
Sub
Tema : Tanaman buah
Cakupan
Tema : Macam-macam tanaman
buah.Bagian-bagian tanaman buah. Manfaat tanamanbuah. Cara menanam dan merawat tanaman buah
Sub
Tema : Tanaman sayur
Cakupan
Tema : Macam-macam tanaman
sayur.Bagian-bagian tanaman sayur. Manfaat tanamanayur. Cara menanam dan
merawat tanaman sayur
Sub
Tema : Tanaman hias
Cakupan
Tema : Macam-macam tanaman
hias.Bagian-bagian tanaman hias.Manfaat tanaman hias.Cara menanam dan merawat
tanaman hias
Sub
Tema : Tanaman obat
Cakupan
Tema : Macam-macam tanaman
obat.Bagian-bagian tanaman obat.Manfaat tanamanobat.Cara menanam dan merawat
tanaman obat.
6.
Tema :
Kendaraan
Sub
Tema : Kendaraan di darat
Cakupan
Tema : Jenis kendaraan di darat. Fungsi
dan kegunaan.
Nama
pengendara/pengemudi.Tempat pemberhentian.Bagian-bagian kendaraan.
Sub Tema : Kendaraan di air
Cakupan Tema : Jenis kendaraan di air. Fungsi dan kegunaan.Nama pengendara/pengemudi.
Tempat pemberhentian
Sub Tema : Kendaraan di air
Cakupan Tema : Jenis kendaraan di air. Fungsi dan kegunaan.Nama
pengendara/pengemudi.Tempat
pemberhentian.
7.
Tema
: Alam Semesta
Sub
Tema : Benda-benda alam
Cakupan
Tema : Jenis benda-benda alam
(tanah,air, pasir, batu, besi, emas, perak). Manfaatbenda-benda alam.
Sub
Tema : Benda-benda langit
Cakupan
Tema : Jenis benda-benda
langit.(matahari, bulan, bintang). Manfaat benda-bendalangit.
Sub
Tema : Gejala alam
Cakupan
Tema : Macam-macam gejala alam
(siang,malam, banjir, gunung meletus, banjir, tanah longsor, ombak, pelangi,
petir, hujan, gempa bumi).
8.
Tema :
Negaraku
Cakupan
Tema : Nama negara. Lambang negara. Presiden
dan wakil presiden.Lagu kebangsaan.Bendera. Desa, Kota, Pegunungan, Pesisir
Sumber
Uyu dan Mubiar. 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini :
Paduan untuk
Guru, Tutor, Fasilitator dan Pengelola Anak
Usia Dini. Bandung: PT Refika
Aditama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar