Senin, 30 November 2015

9. Pengembangan Peserta Didik (Mempresentasikan Gambar Karya Anak 3)

Mempresentasikan Gambar Karya Anak 3
By : Fitri Ayu Nurjannatin
Pengembangan Peserta Didik (Tugas 9)

Seperti biasa pertemuan kali ini untuk mata kuliah Pengembangan Peserta Didik oleh Drs Jajang Suryana, M.Sn, dilanjutkan presentasi mengenai gambar anak-anak dengan memahami dan menganalisis karya anak secara langsung. Presentasi selanjutnya di presentasikan oleh beberapa Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa semester 7 diantaranya Cadex Agus Arya Gunawan, Ni Nyoman Tri Widiani, Komang Wirya Adnyana, Gede Dwitra N A., Pt Sumerta Adi Putra dan Umrah.

Contoh salah satu gambar yang dianalisis oleh Ni Nyoman Tri Widiani. Untuk kali ini dia mempresentasikan beberapa karya anak, salah satu gambar anak yang dianalisis oleh Mantri, atas Nama Sofi berumur kurang lebih 6 Tahun.

Seperti yang terlihat pada gambar anak karya Sofi, 6 Tahun. Seperti yang telah dikemukakan presentasi sebelum-sebelumnya, 4 – 7 tahun memasuki masa pra bagan. Dimana yang di kemukakan oleh Viktor  Lowenfeld dan Lambert Brittain dalam:  Creative  and  Mental  Growth, dalam masa prabagan adalah Ciri-ciri  yang  menarik  lainnya  pada  tahap  ini  yaitu  telah  menggunakan bentuk-bentuk  dasar  geometris  untuk  memberi  kesan  objek  dari  dunia  sekitarnya. Koordinasi  tangan  lebih  berkembang.  Aspek  warna  belum  ada  hubungan  tertentu dengan  objek,  orang  bisa  saja  berwarna  biru,  merah,  coklat  atau  warna  lain  yang disenanginya. Penempatan  dan  ukuran  objek  bersifat  subjektif,  didasarkan  kepada kepentingannya. Ini  dinamakan  dengan  “perspektif batin”. Penempatan objek dan penguasan ruang belum dikuasai anak pada usia ini.

Gambar 1
Karya Sofi, 6 Tahun

Sebagaimana dari penjelasan diatas, sofi menggambar sebuah objek dari bentuk- bentuk dasar geometris untuk membentuk sebuah objek. Dari gambar yang dibuat oleh Sofi, anak ini cukup kreatif, gambar yang dibuatnya di bagi menjadi 2 bagian, yang mana bagian 1 dan bagian 2 digambar dengan objek yang berbeda, mungkin dalam gambarnya, dia membuat sebuah cerita?,tidak begitu juga, dilihat dari gambarnya dia yang lain, juga seperti itu di bagi menjadi 2 bagian. Anak ini cukup pendiam dan malu untuk menyampaikan apa yang dia gambar, dia sudah berusaha untuk menggambar penuh pada kertas. Dia menggambar dengan apa yang dia inginkan, sesuai dengan perspekif batinnya.

Contoh salah satu gambar yang dianalisis oleh Komang Wirya Adnyana. Untuk kali ini dia juga mempresentasikan beberapa karya anak, salah satu  diantaranya gambar Evelyn, berumur 6 tahun.


Gambar 2
Karya evelyn


Sebagaimana telah dijelaskan diatas yang di kemukakan oleh Viktor  Lowenfeld dan Lambert Brittain dalam:  Creative  and  Mental  Growth, dalam masa prabagan. Dibandingkan dengan gambar dari Sofi diatas cukup kreatif juga. Evelyn, lebih banyak menggunakan warna dibanding dengan Sofi. Objek yang digambar oleh Evelyn dengan objek yang sama, atau digambar ulang dan memberi warna yang berbeda serta bentuknyapun beragam dari yang terkecil hingga yang besar ( dalam arti kupu-kupu kecil sampai dengan kupu-kupu dewasa), desain pada kupu-kupu juga diperhatikan oleh Evelyn, hanya saja becround tetap bewarna putih kertas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar