Sabtu, 20 Desember 2014

6. Intermedia : Instalasi

Instalasi rumah anjing di Taman Kota Singaraja Bali
By : Fitri Ayu Nurjannatin


Dok. Pribadi

Dalam tugas matakuliah intermedia lanjutan kini membuat rancangan sebuah instalasi. Tempat yang direncanakan adalah tempat yang sering dikunjungi orang atau yang lebih tepatnya tempat yang ramai dan tak pernah sepi. Tempat  yang saya pilih untuk membuat suatu instalasi yaitu di Taman Kota Singaraja Bali serta istalasi yang dibuat adalah rumah anjing yang terbuat dari kayu dan anjing yang terbuat dari sterofom adalah objek yang menempati rumah tersebut dan juga seseorang yang performance layagnya seperti manusia yang sedang bersama anjing kesayangannya dan alat rekaman suara anjing layagnya suara anjing beneran.

Pertama tempat yang dipilih adalah Taman Kota Singaraja, Mengapa? Taman Kota Singaraja yang biasanya dikenal dengan nama singkatan TAMKOT merupakan salah satu tempat berkunjung masyarakat disekitarnya untuk beraktivitas dalam segala hal. Pagi, siang sore dan malam Taman Kota (tamkot) Singaraja tak pernah tak ada orang, selalu ada pengunjung  yang beraktivitas disana.

Kedua rencana istalasi yang dibuat adalah rumah anjing yang terbuat dari kayu dan anjing yang terbuat dari sterofom. Mengapa rumah anjing dan anjing?, saya membuat instalasi sesuai dengan kondisi tempat dimana saya berada yaitu pulau dewata bali. Masayarakat bali dan luar bali pasti mengetahui bahwa bali dikenal dengan keramaian anjing. Anjing merupakan salah satu hewan yang tumbuh dan berkembang dibali. Anjing di daerah bali juga digunakan sebagai peliharaan hewan kesayangan, digunakan untuk menjaga rumah, tidak seberapa anjing dibuat sate, dan juga ada anjing yang berkeliaran di daerah rumah yaitu anjing yang terbebas dari peliharaan manusia.


Rencana performance yang akan dilaksanakan yaitu anjing dan manusia. Layanya manusia yang mengajak anjingnya jalan-jalan mengelilingi TAMKOT. Suara yang keluar dari anjing tersebut dengan menggunakan media rekaman yang terdengar suara anjing sebenarnya. Dan manusia tersebut berbincang-bincang dengan anjing seperti layagnya anjing beneran. Oleh karena itu saya memilih anjing karena anjing merupakan hewan peliharaan yang bisa dijadikan teman, dia teman untuk dipelihara dan juga bisa menjaga rumah dari marabahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar